PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA (STUDI KASUS KAMPUNG NELAYAN SALU)

Isi Artikel Utama

Nila, Hamna, Sugadi

Abstrak

Permasalah pada penelitian ini ditemukan suatu permasalahan yaitu kurangnya motivasi yang diberikan orang tua pada siswa yang berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa, oleh karena itu didalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap motivasi peserta didik terhadap prestasi akademik siswa, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan dan tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendukung motivasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua berperan terhadap motivasi belajar siswa factor pendukung dalam indikator orang tua yaitu sebagai motivator, yaitu orang tua memberikan motivasi kepada anaknya agar rajin belajar, orang tua menarik perhatian anak agar mau rajin belajar dirumah, orang tua memberikan dukungan ataupun bantuan dalam belajar, orang tua memberikan penhargaan dalam belajar dan orang tua sebagai pendidik, yaitu orang tua memberikan dukungan ataupun bantuan belajar pada saat dirumah, orang tua menciptakan lingkungan belajar yang kondusif seta orang tua memfasilitasi kebutuhan belajar anak. Dalam memberikan motivasi belajar pada anak orang tua menhadapi beberpa hambatan sala satunya kesibukan orang tua dalam bekerja, anak yang mendapatkan dukungan motifasi dari orang tuanya terbukti meningkatkan prestasi akademiknya disekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles