PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS ULASAN KELAS VIII SMPN 24 KOTA JAMBI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks ulasan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 24 Kota Jambi pada kelas VIII. Penelitian ini berjeniskan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hal ini karena peneliti hanya mengamati bagaimana model pembelajaran Think Pair Share diterapkan di kelas. Data pada penelitian ini merupakan hasil analisis dari modul ajar, pelaksanaan modul ajar, keaktifan siswa, dan juga teks ulasan yang dibuat oleh siswa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik triangulasi yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang digunakan sudah benar dengan cukup lengkapnya komponen modul. Selanjutnya, pada proses pembelajarannya, modul dilaksanakan dengan baik dan langkah-langkah model pembelajaran Think Pair Share memang benar-benar dilaksanakan. Siswa selama pembelajaran juga responsif dan teks ulasan yang dibuat siswa menunjukkan hasil yang rata-rata berkategori baik. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber pengetahuan atau referensi bagi peneliti lainnya.